Senin, 13 Agustus 2012

8 Hal tentang orang madura

orang madura Dibawah adalah beberapa ciri-ciri orang madura,
1. Perempuan Madura itu jenis pesolek yang suka pamer perhiasan emasnya
Kalau dia memiliki lima cincin emas, maka kelimanya akan dipajang di kelima jarinya. Jika dia memiliki tiga kalung emas, maka ketiga kalung itu akan dikenakannya sekaligus di lehernya. Renteng-renteng. Gaya "toko emas berjalan" begini erat hubungannya dengan gengsi dan harga diri. Dengan memakai semua emasnya seolah dia ingin mengatakan berasal dari keluarga orang  berada, atau punya suami yang dapat dibanggakan.
2. Orang Madura bangga dengan gelar hajinya
Itu sebabnya mereka selalu menyisihkan penghasilannya untuk ongkos naik haji. Begitu bangganya akan haji ini membuat orang Madura melakukan pesta besar-besaran menjelang keluarganya berangkat haji dan sepulangnya. Seluruh warga kampung diundang, rumah dihias seindah-indahnya. Biasanya dengan tulisan "Menyambut kedatangan haji Sya'bi blablabla dari tanah suci." Jangan heran bila biaya pesta penyambutan ini lebih besar dari ongkos naik haji sendiri.
3. Orang Madura suka pesta, terutama pesta pernikahan
Inilah pesta terbesar setelah pesta hari raya haji yang berhubungan dengan penyambutan jemaah haji pulang. Pesta pernikahan begitu wah, sampai harus memotong sapi. Ongkos pesta begitu besar, untungnya ditanggung semua keluarga besar. Kekerabatan antar orang Madura memang kuat. Pada saat pesta, para undangan akan berlomba-lomba memakai pakaian terbaik mereka dengan semua perhiasan emasnya. Inilah ajang pamer sekaligus kekerabatan.
4. Etnis Madura itu sangat menjunjung harga diri
MaduraPrinsip "poteh tolang ango poteh mata" atau lebih baik berputih tulang daripada berputih mata mereka junjung tinggi. Itulah sebabnya jika harga diri mereka terluka, carok-lah penyelesainnya. Apa saja yang mengganggu harga diri itu? Diantaranya tanah dan istri. Jadi jangan coba-coba mengambil tanah mereka secara licik, karena akan mereka pertahankan sampai mati. Dan jangan berani menganggu perempuan mereka, karena matilah jawabannya. Heuuu mengerikan sekali Gan!
5. Orang Madura sangat menghormati orang yang dituakan
Orang yang dituakan disini diantaranya kiai, guru, dan orangtua. Bahkan apa kata kiai itulah kata mereka. Ingat Kasus Nipah, ketika  petani di Nipah mempertahankan tanah mereka yang diambil paksa pemerintah untuk dibuat waduk? Pada saat itu para petani yang dipimpin KH Alawi mempertahankan tanahnya mati-matian. Banyak petani yang menjadi korban karena ditembaki polisi dan tentara.
6. Orang Madura Sangat Ramah
Mereka tak akan membiarkan seorang perempuan berjalan sendirian tanpa tempat tujuan. Begitu tahu Anda berjalan seorang diri, segera mereka menawarkan rumahnya untuk tempat menginap. Dijamin tak ditarik bayaran, bahkan mereka juga akan menjamu  Anda dengan kopi dan makan gratis.
7. Etnis Madura itu suku pengembara dan pantang menyerah
Jika Anda berjalan-jalan ke pelosok nusantara, bahkan ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Australia, pasti akan menemukan orang Madura. Orang Madura memang ada dimana-mana, umumnya mereka bekerja pada sektor "kotor" yang enggan dijamah suku lain seperti pengepul barang bekas hingga pedagang, disinilah justru kehebatan dan keuletannya. Mereka meninggalkan kampung halamannya demi mencari penghidupan yang layak. Pulau Madura memang dikenal tandus. Bagi para pengembara ini berlaku motto kumpul ora kumpul sing penting mangan.
8. Orang Madura itu memiliki kemampuan seksual yang luar biasa
Nah yang ini kayaknya hanya mitos, namun karena mereka memiliki jamu kuat yang disebut ramuan madura, akhirnya dugaan ini banyak dipercaya. Kekuatan di atas ranjang ini sudah kondang dimana-mana. Selain itu perempuan Madura juga pandai menjaga bentuk tubuhnya dengan aneka jamu madura. wow INI LUAR BIASA, LAKI-LAKI hebat diranjang, WANITAnya Mantab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar